CARA MENGGUNAKAN PICTURE STYLE


Satu lagi pengaturan kamera yang perlu Anda pahami dan kuasai penggunannya adalah picture style. Sama seperti White Balance (WB) yang disiapkan oleh kamera dengan beberapa pilihan untuk menyusaikan dengan kondisi tertentu, maka picture style juga memiliki banyak pilihan yang berkaitan dengan ketajaman, pencahayaan, warna dan tone.
Pada kamera Canon kelas pemula (entry-level), picture style tersedia dalam 7 pilihan dengan pengaturan yang sudah ditentukan oleh kamera sesuai peruntukannya, dan 3 pilihan yang disiapkan untuk disetting sesuai kreasi pengguna. Jadi keseluruhannya ada 10 picture style. Berikut 7 jenis picture style pada kamera canon:


1.            Auto (A) adalah picture style auto
2.            Standard (S) adalah picture style standar
3.            Portrait (P) untuk memotret subjek manusia
4.            Landscape (L) untuk memotret pemandangan
5.            Neutral (N) untuk kondisi netral
6.            Faithful (F) adalah picture style high
7.            Monochrom (M) untuk foto hitam putih dan sepia

Selain 7 picture style di atas, ada 3 picture style yang bisa Anda tentukan sendiri pengaturannya dan memang disiapkan untuk menyimpan hasil settingan pengguna sesuai kreasi pengguna. Tapi bukan berarti 7 picture style di atas tak bisa Anda ubah pengaturannya. Hanya saja perlu dipahami bahwa settingan bawaan yang ditentukan oleh kamera tentu jauh lebih terbaik.
Settingan pada picture style


§     Sharpness, untuk mengatur ketajaman yaitu rincian atau detil pada gambar
§     Contrast, untuk mengatur kontras yaitu intensitas cahaya terhadap gelap dan terang
§     Saturation, untuk mengatur kadar warna gambar
§     Color tone, untuk mengatur tone gambar (tinggi adalah kuning, rendah adalah merah)

Keempat pengaturan di atas memiliki nilai yang berbeda-beda pada masing-masing picture style dan Anda bisa mengubah nilainya sesuai kebutuhan visual Anda.
Cara mengganti dan memilih picture style


Gambar di atas adalah simbol dari menu picture style. Jadi, silahkan cari tombol di kamera Anda yang memiliki sombol tersebut lalu pilih picture style yang ingin Anda gunakan.
Cara merubah detail settingan picture style

1. Disini saya menggunakan menggunakan kamera canon. Silahkan pilih dulu salah satu picture style yang ingin diubah pengaturannya. Lihat gambar di atas sebelah kiri.

2. Kemudian tekan tombol "INFO." untuk masuk mengubah detail picture style.

3. Di situ ada settingan SharpnessContrastSaturation, dan Color tone. Tekan tombol "SET" untuk masuk dan merubah nilai settingan dari masing settingan tersebut. Lihat gambar di atas sebelah kanan.

4. Tekan tombol "MENU" untuk kembali ke menu sebelumnya.

Jumlah picture style yang disediakan mungkin saja berbeda pada setiap DSLR Canon. Begitupula dengan picture style kosong yang disiapkan untuk pengguna tidak selalu berjumlah 3. Dan picture style kosong tersebut bisa dipasangi (instal) picture style yang dibuat melalui komputer atau yang disediakan oleh produsen. Adapun cara menginstal picture style dari PC / laptop ke DSLR Canon. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Perspektif Satu Titik Lenyap Dalam Fotografi

Membuat Foto Siluet Yang Keren

Kekeliruan Pengaturan Yang Dipilih Fotografer Saat Memotret Landscape