Hal Penting Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Kamera


Apakah anda saat ini mulai mempertimbangkan untuk membeli sebuah kamera?
Tentu kita tak ingin jika lembaran-lembaran uang yang telah disisipkan berbulan-bulan, dan pada saat membeli, anda merasa menyesal karena salah membeli, atau ternyata bukan seperti yang anda ekspektasikan.

 1. Kebutuhan ataukah keinginan

Agar supaya nantinya anda tidak seperti membeli kucing dalam karung, dan juga nantinya tak ada penyesalan di kemudian hari (apaan sih..) haha. Anda harus mulai mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum anda ke toko kamera, memilih dan ternyata salah.

2. Harga dan Budget

Harga dan budget adalah dua hal yang sangat berkaitan, anda menginginkan kamera dengan harga tertentu, tapi budget tak mencukupi tentu repot. Saya kalau ditanya teman, bagusnya beli kamera apa? Merk apa? Hal yang saya tanyakan dulu, kamu punya uang berapa? Mau dibelanjakan sebanyak apa?

3.Tujuan membeli kamera

Nantinya ketika anda sudah memiliki kamera,  kamera itu akan anda bawa kemana saja? objek seperti apa yang akan anda foto? Atau jenis acara seperti apa yang akan anda foto?

4. Kualitas gambar yang dihasilkan

Apakah anda mementingkan kualitas gambar? Jika iya, pertanyaan berikutnya adalah apakah anda akan memamerkan hasil foto anda dimana? Jika anda berencana untuk mencetak besar dan dipajang, maka pilihlah kamera dengan kualitas tertinggi yang bisa anda beli.

5. Konektivitas kamera

Apakah anda seorang social-media-aholic, kemana-mana foto lalu upload, akun anda hadir merambah semua media sosial di dunia. Setiap menit selfie, groufie atau apalah namanya, kemudian diupload.
Jika anda tipikal orang seperti ini, maka konektivitas kamera hal penting yang harus dipertimbangkan.
Di era modern seperti ini rata-rata kamera terbaru sudah mendukung fitur wi-fi, dengan fitur tersebut anda bisa langsung menyalin foto dari kamera ke smartphone anda, lalu langsung diupload ke media sosial.

6.Ganti lensa atau tidak

Kebebasan untuk mengganti lensa juga patut anda perhitungkan, dengan mengganti lensa anda bisa memilih lensa yang terbaik untuk kamera anda, dengan tujuan penggunaan yang berbeda tentu.
Mulai dari lensa lebar sampai tele tersedia di pasaran, dari lensa yang bisa memotret semut sampai memenuhi frame, hingga lensa yang bisa memotret komedo di hidung teman, yang berjarak sejauh satu kilometer pun tersedia.
7. Merk
Yang saya maksudkan dengan merk adalah kemudahan anda mendapatkan produk kamera tersebut di pasaran, kemudahan mendapatkan aksesoris pendukung kamera, technical support dan service center yang terpercaya serta mungkin bisa mudah anda jangkau, juga sistem kamera yang mumpuni dalam artian lensa-lensa pilihan yang banyak, atau flash eksternal yang terjangkau.

Semoga bermanfaat !


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Perspektif Satu Titik Lenyap Dalam Fotografi

Membuat Foto Siluet Yang Keren

Kekeliruan Pengaturan Yang Dipilih Fotografer Saat Memotret Landscape