Menentukan Garis Horizon Lurus Saat Memotret


Garis horizon adalah garis yang tampak sebagai perbatasan antara langit dan bumi saat kita akan memotret, garis horizon ini akan tampak jelas saat kita memotret di pantai atau laut.
Garis horizon juga membagi komposisi foto yang kita potret jadi dua, yaitu langit dan daratan/lautan. Kita bisa memilih mana yang diprioritaskan dalam foto kita, apakah itu langit yang diberi porsi besar dalam foto, ataukah daratan/laut. Semua tentu terserah fotografernya.
Satu hal penting yang harus diperhatikan fotografer adalah memastikan garis horizon yang dimaksud tadi tetap lurus dalam fotonya. Tentu supaya hasil fotonya tak terlihat aneh pada akhirnya.
Berikut ini adalah 4 langkah mudah yang bisa kamu coba agar supaya horizon yang dipotret tetap lurus. Baik itu kamu potret dengan kamera digital ataupun hanya menggunakan smartphone/handphone.

1. Gunakan garis bantu di layar (grid view)

Umumnya setiap kamera dan smartphone, saat memotret sudah disediakan opsi untuk menggunaan tampilan kotak-kotak di layar (grid view).
Dengan adanya garis di layar ini kamu bisa menggunakannya sebagai patokan untuk menjaga horizon tetap lurus.
Selain itu,kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai panduan untuk komposisi rule of thirds. Belum tahu apa itu? Baca kembali artikelnya di sini.

2. Gunakan Tripod yang dilengkapi dengan buble level

Buble level memiliki fungsi yang sama dengan water pass yang dipakai para tukang bangunan. Dengan memanfaatkan sifat air yang selalu datar, kita juga bisa menyesuaikan letak dan posisi tripod supaya benar-benar lurus.
Ketika tripod yang kita gunakan sudah lurus, otomatis garis horizon dalam foto nantinya tentu akan tampak lurus juga

3. Sesuaikan dengan tepi bawah atau atas viewfinder

Terkadang dalam beberapa situasi pemotretan kita tak bisa menggunakan tripod atau memang lupa membawanya. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan tepi bawah atau tepi atas viewfinder kamera kamu.
Trik ini tentu lebih cocok bagi kamu yang lebih menyukai memotret dengan melihat viewfinder, bagi yang kameranya tak punya viewfinder bisa memanfaatkan grid view di layar seperti pada poin nomor satu tadi.
Jika kamu mengintip dari viewfinder, tentu kamu akan menyadari bahwa sisi atas dan bawah itu dirancang lurus, sama seperti bagian kiri dan kanannya sehingga membentuk persegi panjang.
Manfaatkan kelurusan dari kedua sisi baik atas dan bawah tadi, sebagai patokan untuk kamu memastikan garis horiszon yang dipotret lurus.

4. Ambil patokan garis bangunan di sekitar tempat kamu memotret

Trik yang ke empat ini bisa kamu padukan dengan poin-poin di atas tadi, kali ini kita akan memanfaatkan bangunan yang ada di sekitar tempat kita memotret.
Nah karena para tukang bangunan umumnya membuat rumah memanfaatkan waterpass, dengan cara yang sama juga kita bisa memanfaatkan bangunan yang mereka buat tersebut.
Maksudnya adalah ketika kamu memotret dan akan memasukkan unsur berupa bangunan, kamu bisa memperhatikan arah garis lurus horizontal di bangunan tersebut untuk menjaga horizon foto tetap lurus.
Hal ini perlu diperhatikan ketika kamu memotret dan garis horizonnya (seperti di gambar pertama) tak nampak atau terhalang.
Garis bangunan yang dimaksudkan contohnya bagian atap, jendela dan sejenisnya. Tapi ingat,perhatikan juga letak dan posisi kamu berdiri, karena itu bisa berpengaruh.

Koreksi Di Software

Jika semua langkah saat memotret di atas sudah kamu lakukan, hal berikutnya untuk memastikan garis horizon pada foto lurus adalah lewat proses editing.
Ada beberapa software yang memiliki kemampuan koreksi horizon secara otomatis, salah satunya adalah Adobe Lightroom.
Di LR fitur ini di namakan Lens Correction, sebenarnya fitur ini dirancang untuk mengatasi kelemahan lensa semacam distorsi, tapi kita bisa memanfaatkannya untuk mengoreksi garis horizon yang tidak lurus secara otomatis.
Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur rotating di beberapa software pengolah foto lainnya, untuk mengoreksi dan memastikan garis horizon yang dipotret tampil lurus di foto kamu.
Semoga bermanfaat !


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Perspektif Satu Titik Lenyap Dalam Fotografi

Membuat Foto Siluet Yang Keren

Kekeliruan Pengaturan Yang Dipilih Fotografer Saat Memotret Landscape